Listen Alfitrah

Galeri

Twitter Al-Fitrah FM

Welcome to Aceh

Siapa yang nggak kenal Aceh?
Provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatera ini sangat dikenal dengan adat istiadat dan kekayaan alamnya. Konon katanya provinsi ini pun dikenal sebagai provinsi yang masyarakatnya sangat taat beribadah.
Benarkah itu?
Check it out!!!

Hasil gambar untuk visit aceh 2015

Konon katanya ACEH merupakan Singkatan dari 4 Negara, yaitu : Arab, Cina, Eropa, Hindu (India).

  • Arab : Dimana Sejarah masuknya Islam ke Indonesia pertama sekali adalah di Aceh pada abad ke-7 M, dan langsung dari Arab melalui Jalur Perdagangan, Dakwah, Perkawinan, Pendidikan dan Kesenian.
  • Cina : Kerajaan Samudra-Pasai (Aceh) adalah sebuah kerajaan dan kota pelabuhan yang ramai dikunjungi oleh para pedagang dari Timur Tengah, India sampai Tiongkok (Cina) pada abad ke 13 -16. Barang dagangan utama yang paling terkenal dari Pasai adalah lada yang banyak diekspor ke Cina. Komunitas Cina telah berada di Aceh sejak abad ke-13.  Para pedagang termasuk pedagang dari Cina selain ada yang tinggal dan berdagang secara permanen di ibukota Aceh, ada juga pedagang musiman yang datang dengan kapal layar pada bulan-bulan tertentu. Kapal-kapal (jung) Cina membawa beras ke Aceh. Mereka tinggal dalam perkampungan Cina di ujung kota dekat pelabuhan. Rumah mereka berdekatan satu sama lainnya dan mereka menurunkan barangnya di pelabuhan itu dari kapal untuk selanjutnya didistribusikan. Lokasi tempat menurunkan barang tersebut kini dikenal sebagai Peunayong. Peunayong adalah bagian dari wilayah kota tua Banda Aceh yang didesain Belanda sebagai Chinezen Kamp alias Pecinan. Peunayong dihuni warga Cina dari Suku Khe, Tio Chiu, Kong Hu,Hokkian, dan subetnis lainnya. Kegiatan perdagangan di kawasan itu cukup menonjol karena berdagang merupakan mata pencaharian utama etnis Cina yang pada umumnya tumbuh di lingkungan pusat bisnis. Selain aktivitas perdagangan juga terdapat aktivitas keagamaan, ini nampak dari keberadaan sebuah wihara di antara deretan rumah dan toko modern yang berada di Jl. T Panglima Polem, Peunayong.
  • Eropa :

Masyarakat Aceh sering menyebut Keturunan Portugis

Sumber Yantie